CARA MERAWAT SOFTLENS YANG BENAR

CARA MERAWAT SOFTLENS YANG BENAR

Softlens atau yang sering disebut juga dengan lensa kontak adalah sebuah alat yang biasanya digunakan orang untuk membantu penglihatan yang sudah kabur. Softlens bisa digunakan untuk pengganti kacamata. Banyak orang yang lebih memilih menggunakan softlens daripada kacamata karena softlens tidak akan membatasi penampilan orang tersebut. namun tak jarang juga ditemukan softlens yang hanya digunakan sebagai fashion. Bagi orang yang kurang percaya diri dengan warna bola matanya atau penampilan matanya menggunakan softlens dirasa dapat mengatasi kurang percaya diri mereka. Namun apakah anda tahu? bahwa sebenarnya banyak sekali hal berbahaya yang mengintai mata kita jika kita menggunakan softlens. Untuk itu anda perlu melakukan perawatan yang tepat untuk softlens yang anda miliki.

Tips-tips Dalam Merawat Softlens

Jika anda adalah seorang pengguna softlens. Anda harus memperhatikan kebersihan dan cara merawat  softlens anda. karena softlens yang kotor atau bahkan sobek dapat mengiritasi dan menggores lapisan mata anda. Dibawah ini merupakan cara merawat softlens dengan benar yang harus anda terapkan!

  • Pastikan tangan anda bersih sebelum memegangnya

Yang anda harus perhatikan lebih dahulu adalah anda harus memastikan. Bahwa tangan anda benar-benar bersih. Karena jika tangan anda tidak bersih, dapat mendatangkan risiko berpindahnya kuman dari tangan ke softlens yang akhirnya ke mata anda. Sebaiknya sebelum memakai softlens anda mencuci tangan anda terlebih dahulu.

  • Cuci sebelum dan sesudah di pakai

Anda harus mencuci softlens anda memakai dan sesudah memakai benda itu. Hal itu perlu dilakukan agar mata kita tidak terjadi iritasi yang disebabkan softlens kotor. Caranya adalah dengan menggunakan cairan khusus pembersih softlens. Jadi sebaiknya anda saat membeli softlens belilah pembersih dan cairan tetes softlens. Saat membersihkan softlens jangan sekali-sekali anda menggunakan air kran atau air mineral. Karena hal itu dapat merusak softlens anda. Sekali lagi saya tegaskan anda untuk membersihkan softlens menggunakan cairan khusus pembersih softlens. 

  • Cuci softlens dengan benar

Anda juga harus memperhatikan cara mencuci softlens anda. Cuci softlens dengan benar. Caranya adalah dengan menggosoknya perlahan dengan jari anda, pastikan jari anda tidak memiliki kuku yang tajam, atau saat mencuci usahakan jangan sampai terkena kuku. Karena softlens sifatnya sangat mudah tergores. Cuci bagian depan dan belakang softlens dengan cairan pembersih dengan perlahan agar softlens anda tidak robek. Pastikan bahwa tidak anda kotoran yang menempel di permukaan softlens.

  • Tempatkan softlens pada tempat khusus

Setelah memakai softlens dan mencucinya anda harus menempatkan softlens anda pada wadah khusus. Di sana akan tertera tulisan huruf R dan l. R berarti untuk menempatkan softlens kanan anda sedangkan L untuk kiri anda Pada saat menempatkan anda  harus memastikan bahwa tempat softlens tersebut tidak kotor. Untuk itu anda bisa mencuci case softlens  dengan cairan pembersih softlens. Terlebih dahulu sebelum anda menempatkan softlens anda ke dalamnya. Setelah itu berikan cairan softlens secukupnya tutup dengan rapat. 

  • Jaga kelembaban softlens

Softlens merupakan benda yang harus selalu lembab. Karena jika tidak maka bisa dengan cepat mengering. Untuk itu anda tidak dianjurkan memakai softlens dengan waktu yang lama. Saat memakai softlens anda juga harus lebih sering meneteskan dengan tetes khusus softlens agar menghindari softlens kering dan robek ketika di lepas. Anda juga perlu memperhatikan kelembaban soflen yang berada di dalam wadah. Pastikan anda mengetahui dan selalu menjaga kadar air di tempat softlens itu tetap terjaga jangan sampai kering. Karena softlens merupakan benda yang dapat menyerap air.

Published

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *