TIPS MEMILIH DAGING SAPI YANG MASIH SEGAR

TIPS MEMILIH DAGING SAPI YANG MASIH SEGAR

Daging sapi merupakan salah satu makanan dengan sumber protein yang baik. Tak hanya itu daging sapi memiliki rasa yang khas dan gurih membuat banyak orang menyukainya. Protein sendiri memiliki fungsi yang sangat banyak untuk tubuh. Seperti sebagai pembentuk otot sehingga mendorong pertumbuhan pada anak-anak serta remaja. Selain itu protein juga dapat mengatur metabolisme tubuh, membentuk antibodi, penyembuh luka dan lainnya. Oleh karena itu, penting sekali untuk kita jelih dalam memilih daging yang masih segar dan berkualitas. Hal ini supaya kandungan protein yang ada dalam daging dapat bermanfaat untuk tubuh. 

Memilih daging sapi memang cukup sulit, karena terdapat jenis bagian daging yang membuat kamu bingung dalam memilihnya. Tetapi kamu tidak perlu khawatir, berikut ini ada beberapa cara memilih daging sebelum kamu membelinya. Agar tidak salah dalam memilih daging sapi, simaklah cara berikut ini, diantaranya:

  • Pertimbangkan tempat daging sapi dijual

Hal yang pertama harus anda perhatikan adalah tempat dimana daging tersebut dijual ataupun ditempatkan. Pastikan kamu membeli daging di tempat yang bersih dan tidak berbau menyengat. Pilih daging yang diletakkan di tempat bersih dan tidak dihinggapi lalat. 

  • Perhatikan warna daging sebelum membeli

Cara memilih daging sapi segar yang selanjutnya adalah dilihat dari warnanya. Cara ini terbilang cara yang paling mudah untuk melihat kualitas daging. Daging sapi yang memiliki kualitas baik adalah daging sapi dengan warna kemerahan dan tampak segar. Jangan memilih daging yang warnanya sudah terlihat pucat atau kotor

  • Pegang tekstur daging sapi

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan memegang daging tersebut. Apabila daging sapi terasa kenyal dan posisinya kembali seperti semula saat di tekan, maka daging tersebut masih baru. Sedangkan daging yang mulai mengalami pembusukan biasanya terasa lembek. Dan jika ditekan daging sapi tidak akan kembali ke bentuk seperti semula.

  • Cium aroma yang keluar dari daging sapi

Setelah mengetahui warna dan tekstur, selanjutnya kamu harus mencium aroma yang dikeluarkan daging. Daging yang kualitasnya baik biasanya memiliki aroma yang segar khas daging. Sedangkan daging yang sudah mulai busuk, biasanya mengeluarkan aroma yang tidak sedap atau sedikit asam. 

  • Hindari memilih daging sapi yang berair

Selanjutnya pastikan daging yang dipilih tidak berair, karena kemungkinan daging tersebut merupakan daging gelonggong. Namun kalau yang menetes dari daging tersebut adalah darah, maka tidak masalah untuk membelinya. Tetapi kamu juga harus memperhatikannya karena terkadang itu bukan darah, namun  merupakan sari yang dikeluarkan oleh daging. Untuk sebaiknya pilih daging sapi yang tidak berair. Karena daging yang mengeluarkan banyak air artinya daging tersebut sudah lama berada di udara bebas. 

  • Hindari membeli daging beku

Hal selanjutnya adalah sebaiknya anda menghindari pembelian daging yang beku. Daging beku mungkin memang masih bagus, namun kesegarannya tentu sudah berkurang. Jika terpaksa membeli daging beku, pilihlah daging yang tidak terdapat bunga es. Karena daging yang terdapat bunga es patinya sudah lama dan tidak segar.

Demikianlah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar mendapatkan daging yang masih bagus. Untuk jenis daging merah seperti daging sapi biasanya dapat disimpan 3-4 hari di dalam kulkas. Sedangkan jika daging sapi tersebut disimpan di dalam freezer. Maka daging akan bertahan hingga 4-12 bulan, tergantung dari jenis kulkas dan kualitas daging tersebut.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close